Pages

www.opulsa.com

SOAL BAHASA INDONESIA UTS GENAP KELAS I



I.       Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c didepan jawaban yang benar !

1.   Ayahku mempunyai adik perempuan.Aku memanggil adik ayahku ….
a.   nenek
b.   bibi
c.   ibu
2.   Aku ingin menjadi dokter, karena dokter….
a.   pandai mengobati
b.   orang yang cerdas
c.   orang kaya
3.   Dibawah ini yang menyatakan perkenalan adalah….
a.   mau kemana
b.   namaku dita  aku kelas 1
c.   selamat tidur          
4.   Kalimat perintah yang tepat untuk membaca buku adalah  ….
a.   bacalah buku kalian
b.   anak-anak sedang membuka buku
c.   terima kasih sudah membuka buku    
5.   Anita suka menari, kalimat itu menyatakan ….
a.   kemalasan
b.   keceriaan
c.   kesukaan
6.   boneka – suka – bermain – Sinta
kalimat yang benar untuk kata diatas adalah …
a.   boneka suka bermain sinta
b.   boneka bermain suka sinta
c.   sinta suka bermain boneka
7.   Nia anak kelas satu setiap malam ia rajin belajar.
Nia menjadi pintar, Nia rajin belajar supaya ….
a.   bodoh
b.   pintar
c.   malas
8.   Arum menyapu halaman rumah menggunakan….
a.   alat pel
b.   sapu ijuk
c.   sapu lidi
9.   Salah satu ciri dari kursi adalah….
a.   untuk menulis
b.   terbuat dari kayu
c.   Punya kaki berjumlah dua
10. Matikan lampu itu, lalu tutuplah pintu !
 ibu menyuruh….
a.   Matikan lampu kamar
b.   Menutup pintu kamar
c.   Mematikan lampu kemudian menutup kamar                          
11. Diana … bunga dipinggir jalan
a.   Membeli
b.   Menanam
c.   Melihat
12. Pak Edi bangun pagi-pagi, pak Edi berangkat naik sepeda,pak Edi akan membajak  sawah.   pak Edi seorang….
a.   Guru
b.   Polisi
c.   Petani
13. Keluarga Sania berjumlah 4 orang, keluarga Sania disebut .…
a.   catur keluarga
b.   tri keluarga
c.   dwi keluarga
14. Lingkungan – aku – suka – bersih
kalimat yang benar untuk kata acak diatas adalah …
a.   aku lingkungan suka bersih
b.   lingkungan bersih suka aku
c.   aku suka lingkungan bersih               
15. Kalimat dibawah yang menyatakan keinginan adalah ….
a.   Aku akan belajar giat
b.   Aku ingin menjadi perawat
c.   Aku tidak suka durian

II.      Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.      Pak Damar adalah adik ayah Rani.
Jadi  Rani memanggil pak Damar dengan sebutan .…
2.      Pak Nur berangkat pagi-pagi Pak Nur mengajar kelas 1
Pak Nur  seorang ….
3.      Ibu sedang membersihkan debu pada perabot rumah.
Ibu membersihkan debu dengan…

4.      Tubuhku bulat panjang dan berlubang
Jika ditiup akan berbunyi merdu aku adalah .…
5.      Aril sedang bermain sepak bola
Bola sepak berbentuk ….

III.    Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang jelas dan cepat!
1.       Buatlah kalimat sesuai dengan gambar disamping !

2.      Mengelap –Budi – kaca – jendela – sedang
Susunlah kata-kata acak diatas menjadi sebuah kalimat
 

3.                                      Tulislah dua ciri benda disamping          


4.      Fani dan Rina belajar menggambar.
Salinlah dengan huruf tegak bersambung!

5.      Ibu menyuruhku membeli telur diwarung
Tulislah perintah ibu

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...